8 Tempat Wisata Hits dan Instagramable di Banyuwangi

Berada di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi layak diperhitungkan untuk dijadikan destinasi liburan. Ada banyak hal menarik yang dapat dikunjungi di Banyuwangi, mulai dari kesenian, tradisi hingga tempat wisata.

Nah, bagi kamu yang sudah pernah ke Lombok atau Bali pasti akan sedikit flashback bila liburan ke Banyuwangi karena suasana tempatnya hampir sama. Daripada penasaran, Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Kawah Ijen 


Terletak di antara Kota Banyuwangi dan Bondowoso, kawah ijen menyajikan pemandangan yang cukup menarik. Dari atas puncak, kamu dapat menikmati pemandangan Blue Fire atau api biru, dimana konon pasalnya hanya ada 2 di dunia dan salah satunya terdapat di Banyuwangi. Keindahan Blue Fire bisa kamau saksikan saat dini hari. Ini berarti kamu harus menginap di rumah penduduk sekitar atau datang malam harinya sebelum mendaki Kawah Ijen.

2.Waduk Bajulmati


Kalau papua punya Raja Ampat, Banyuwangi punya Waduk Bajulmati. Disini kamu dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Di atas lahan seluas 1.800 hektar terdapat gundukan-gundukan tanah menyerupai gugusan pulau yang dipercaya mampu menampung ribuan wisatawan sekaligus. Seluruh wisatawan dapat menikmati keindahan Waduk Bajulmati secara bebas karena tidak dikenakan biaya apapun, kecuali biaya parkir bagi yang membawa kendaraan bermotor.

3. Pantai Plengkung


Pantai Plengkung atau dikenal dengan sebutan G-Land terletak tepat di dalam Kawasan Wisata Nasional Alas Purwo. Kondisi ombak yang cukup menantang menjadikan pantai ini digemari oleh para peselancar dari seluruh dunia. Sembari bermain di pantai, kamu juga bisa menikmati pemandangan di Alas Purwo karena letaknya masih satu wilayah.


4. Pantai Teluk Ijo


Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak hanya dimanjakan oleh pasir putih yang indah saja, tapi juga pepohonan yang berjejer di sekitar bibir pantai. Selain itu ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi dan berbahaya, sehingga aman bagi wisatawan yang ingin berenang. 

5. Pantai Pulau Merah


Kenapa dinamakan pulau merah? karena di pinggir bibir pantai terdapat gundukan bukit berwarna merah. Hamparan pasir putih yang membentang sepanjang 3 km akan memanjakan mata para pengunjung. Selain itu kamu juga dapat menikmati pemandangan sunset dari bibir pantai.

6. Jawatan Benculuk


Pohon-pohon trembesi yang tinggi dan rindang bisa kamu temukan langsung di Banyuwangi, tepatnya di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring. Sembari naik sepeda, bersantai dan menghirup udara segar, kamu juga bisa menikmati beberapa aktivitas lainnya seperti arum jeram dan memancing.

7. Rumah Apung Bangsring


Terletak di tengah-tengah Pantai Bangsring, Banyuwangi. Rumah ini digunakan sebagai tempat pembudidayaan terumbu karang. Bagi kamu yang ingin kesana, kamu dapat menggunakan perahu yang disediakan oleh penduduk setempat. Cukup membayar Rp10.000, kamu sudah bisa mampir ke Rumah Apung dan snorkeling sepuasnya sambil melihat ikan-ikan dan terumbu karang.

8. Air Terjun Lider


Dengan ketinggian mencapai 60 meter, air terjun linder dikenal sebagai air terjun tertinggi di Banyuwangi. Kalau sedang beruntung, kamu dapat melihat pelangi di siang hari. Pelangi tersebut diduga berasal dari sinar matahari yang mengenai percikan-percikan air yang mengalir. 

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »