Goa Jomblang - Cahaya Surga serta Keindahan Hutan Purba Gunungkidul

http://wisataonesia.com/

Goa Jomblang - Berwisata ke Goa memang memberikan sensasi tersendiri dan berbeda dari wisata lainnya.

Berwisata goa sekarang mulai diminati banyak kalangan, karena sensasi petualangannya yang akan memacu adrenalin anda sehingga membuat wisata anda tidak akan terlupakan. Di Indonesia sendiri banyak goa yang menyajikan keindahan alamnya masing - masing, bahkan ada beberapa Goa di Indonesia yang sudah terkenal bahkan mendunia. Seperti Goa Pindul dan Goa Jomblang di Gunung Kidul, terkenal dengan Cahaya Surga serta Keindahan Hutan Purba dari dalam perut Goanya, membuat Goa Jomblang menjadi tujuan para caving yang ingin menjelajah goa di Yogyakarta.

Goa Jomblang Gunungkidul, Cahaya Surga serta keindahan Hutan Purba

Goa Jomblang adalah goa yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Goa ini merupakan goa dengan tipe Collapse Doline yang terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi, sehingga runtuhan tersebut membentuk sinkhole atau sumuran (luweng) dengan luas mulut gua sekitar 50 meter.

Goa ini memang cukup terkenal di kalangan para caving, karena sensasi petualangan goa - nya yang cukup extreme dan menantang, akan memberikan sensasi petualangan goa yang tidak akan terlupakan, selain itu dibutuhkan teknik khusus untuk menyusuri goa ini.

Bagi anda yang ingin menelusuri goa jomblang sebaiknya memahami teknik tali tunggal (SRT) selain itu disini anda juga wajib menggunakan peratalatan khusus SRT set yang terdiri dari seat harness, chest harness, ascender, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang dan pendek dan peralatan lainnya yang sesuai standar keamanan caving.

Ada beberapa jalur yang bisa anda lalui yaitu jalur VIP dengan kedalam 15 meter, jalur standar dengan kedalaman 60 meter, dan jalur ekstrim dengan kedalaman 80 meter. Namun bagi anda yang seorang pemula, jalur VIP dan standar bisa menjadi pilihan, karena selain jalurnya yang masih bisa dijangkau pemula, caver juga akan mendarat tepat di hutan purba yang ada di dasar gua. Hutan inilah salah satu yang membedakan goa jomblang dengan goa yang lainnya.

Bukan cuma hanya sampai disitu saja, perjalanan dari goa jomblang masih dilanjutkan menuju ke Luweng Grubuk yang jaraknya sekitar 300 meter. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan keindahan batu Slaktit dan Stalagmit yang akan memanjakan mata anda.

http://wisataonesia.com/
Keindahan Goa Jomblang
Ketika anda sampai di luweng grubuk anda akan takjub dengan keindahannya, tampak adanya cahaya yang masuk dari luweng grubug setinggi 90 meter yang membentuk satu tiang cahaya yang akan membuat anda berdecak kagum. Karena cahaya tersebut sangat indah bahkan dikenal dengan istilah "cahaya surga".

Bagi anda yang ingin berwisata ke goa jomblang waktu terbaik untuk mengunjungi goa ini adalah ketika siang hari sekitar pukul 10-13, sebab cahaya yang masuk tepat berada di atas kepala anda

Harga tiket masuk yang ditawarkan yaitu sekitar Rp. 450.000 , tetapi itu semua sudah termasuk dengan Guide, peratalan SRT set, makan siang dan asuransi serta semuanya akan terbayar dengan keindahan goa-nya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »